Melihat Kelebihan Android P Dibanding Android Oreo


Kelebihan Android P Dibanding Android Oreo

Perkembangan teknologi dalam telekomunikasi sendiri tidak ada habisnya terus diciptakan, di mana pada saat ini hampir semua ponsel dapat melakukan berbagai macam hal yang dapat membantu masyarakat untuk melakukan aktifitas mereka. Ponsel yang disebut dengan smartphone selalu menghadirkan kemajuan yang terus dikembangkan guna mendukung kemudahan masyarakat dalam melakukan komunikasi dan juga mendapatkan informasi dari berbagai sumber.

Di mana pada smartphone ini menggunakan sebuah sistem operasi yang bernama Android. Android merupakan sistem operasi yang memiliki dasar linux yang biasanya digunakan pada sebuah ponsel dengan layar sentuh atau komputer tablet. Android sendiri diciptakan pertama kali pada tahun 2003 dan terus mengalami perkembangan hingga saat ini, di mana perkembangan tersebut ditujukan untuk membuat sebuah gadget menjadi semakin canggih dan juga dapat mendukung banyak aplikasi yang memudahkan masyarakat dalam menjalankan semua aktivitas sehari-hari. Android sendiri telah mengeluarkan banyak seri dari awal penciptaannya, salah satu yang pada saat ini menarik perhatian adalah Android P atau biasa disebut sebagai Android Pie yang telah resmi dirilis pada 6 Agustus 2018 lalu. Google menyatakan bahwa versi Android Pie telah melakukan berbagai macam perubahan yang sangat berbeda dengan versi sebelumnya.

Fitur Android P Yang Lebih Canggih

Google memang selalu dapat memberikan sebuah pembaharuan dalam teknologi, di mana semua ciptaan perusahaan mesin pencari otomatis ini selalu mendapatkan antusiasme yang tinggi, terlebih lagi dengan adanya kelebihan dan kekurangan Android P ini harus dapat dipahami oleh pengguna. Google menyatakan bahwa Android P ini akan lebih memberikan kemudahan, lebih canggih dan dapat disesuaikan dengan penggunanya. Di bawah ini adalah beberapa fitur canggih yang diberikan Android Pie kepada para penggunya, berikut fiturnya :


Layout Yang Lebih Manis

Pada sistem operasi Android P atau Android Pie, terdapat tiga ikon navigasi yang berada di bagian bawah gadget telah diganti dengan sebuah ikon yang berbentuk pil di bagian tengah bawah. Jika Anda menekan lama tombol digital tersebut akan membawa Anda ke Google Assistant. Lalu jika Anda menggeser layar ke atas maka akan membawa Anda menuju aplikasi yang baru saja dibuka.

Di mulai dari sini Anda dapat menggeser secara horizontal untuk dapat melihat aplikasi apa saja yang terbuka dan menggeser secara vertikal untuk dapat menghilangkan log dari aplikasi yang baru saja dibuka tersebut. Dan jika Anda geser ke atas lagi, maka akan kembali ke beranda aplikasi dan apabilan mengetuknya akan membawamu ke layar awal. Tombol permanen back yang biasnya ada pada bagian bawah juga telah hilang, dan telah dipindah ke bagian kiri di tempat ikon yang berbentuk pil tersebut. Namun, jika Anda tidak menyukai layout ini, Anda tidak perlu khawatir karena semua dapat diganti kembali menjadi layout awal.


Masalah Baterei Teratasi Oleh Fitur Al

Pada Android P sendiri, Google telah memberikan sebuah fitur yang dapat mengatasi masalah daya tahan baterei yaitu Al. Di mana fitur ini akan membantu ponsel untuk dapat mengatasi masalah daya baterei yang membutuhkan banyak sekali tenaga. Sistem ini akan membantu ponsel untuk dapat mengutamakan aplikasi yang sering dibuka dan akan Anda buka beberapa jam kemudian. Fitur Al tersebut merupakan sebuah hasil kerjasama tim Alphabet, DeepMind, yang berbasis di London. Dengan adanya fitur ini akan membuat ponsel pintar Anda dapat aktif lebih lama dan daya tahan baterei akan awet.


Search Enginer Lebih Informatif

Biasanya pada sebuah search enginer yang ada pada sebuah ponsel hanya akan memberikan sebuah informasi umum yang dibutuhkan saja, misal Anda mencari sebuah alamat maka hanya ada info dari alamat tersebut beserta bagaimana cara untuk dapat menuju ke alamat yang dituju. Namun pada Android P ini, search enginer akan berkerja lebih keras dan akan memberikan info yang lebih terperinci lagi. Di mana pada Android Pie Anda akan mendapatkan berbagai macam info yang lebih jelas lagi, seperti gambar dari alamat yang dituju, bagaimana cara menuju kesana, serta biaya transportasi yang diperlukan. Hal ini tentu saja akan sangat membantu Anda yang selalu menggunakan transportasi umum seperti ojek online, di mana search enginer ini akan memberikan juga biaya perjalan yang perlu Anda bayar untuk dapat mencapai tujuan.


Fitur Keamanan Lebih Kuat

Banyak isu yang sangat meresahkan terkait dengan pembobolan privasi yang dapat dilakukan hanya dengan mengaktifkan microphone atau kamera pada ponsel yang dapat dijebol melalui akun media sosial. Tentu saja melihat hal ini membuat resah para pengguna media sosial tersebut, akan tetapi masalah ini tidak akan berlaku pada Android P. Sudah dipastikan sistem pada Android Pie akan membatasi semua aktivitas microphone dan juga kamera yang dapat aktif pada saat sunyi. Cara yang perlu Anda lakukan cukuplah mudah, hanya perlu mengganti status privasi yang ada pada handphone Anda, di mana aplikasi yang mengakses micrphone dapat dibatasi dan jika hal ini kurang cukup, maka Anda dapat membuat aplikasi tidak bisa mengakses kamera ponsel dengan mengeluarkan tulisan error pada saat diakses. Selain itu, ada juga sebuah fitur Call Log di mana pihak developer sendiri harus meminta ijin kepada Anda untuk dapat melakukan akses ke call log pengguna. Developer juga harus juga meminta ijin kepada pengguna apabila ingin melakukan scaning wifi untuk mengumpulkan data. Hal ini tentu saja menjadi kelebihan Android P yang sangat dibutuhkan oleh para pengguna, di mana pengguna akan lebih nyaman pada saat mengakses sesuatu.


Fitur Info Penggunaan Gadget

Fitur yang terdapat pada Android Pie ini akan membantu Anda untuk dapat memperhatikan ponsel yang digunakan. Dalam artian Android P akan memberitahukan info pemakaian aplikasi apa saja yang paling banyak dan paling lama digunakan sehingga Anda dapat lebih mengatur penggunaan ponsel. Dalam fitur ini Anda akan mendapatkan banyak sekali info aplikasi yang digunakan dan waktu yang sudah Anda pakai untuk menggunakan aplikasi tersebut.


Codec Audio Bluetooth High-quality

Fitur pada Android P yang selanjutnya adalah Codec Audio Bluetooth High-quality, di mana fitur ini sendiri juga ada pada Android versi Oreo yang diluncurkan pada tahun 2017 lalu. Fitur ini sendiri dapat dikatakan menjadi salah satu fitur yang paling ditunggu, di mana pada saat ini fitur jack pada sebuah ponsel sudah ditinggalkan. Pada versi Android ini, Anda dapat menikmati semua musik atau audio dengan menggunakan jaringan nikrakabel. Jaringan ini sendiri akan membantu Anda menghubungkan ponsel dengan perangkat lain melalui Bluetooth. Tentu saja ini akan sangat membantu Anda yang sangat menyukai musik dan ingin selalu membawa handphone tanpa harus dipusingkan dengan masalah kabel sebagai penghubung kedua perangkat.


AutoFill

Android Pie ini juga sangat membantu para pengguna agar dapat masuk ke dalam sebuah aplikasi yang membutuhkan email atau password tanpa mengetik berulang-ulang. Ya, fitur autofill yang disediakan oleh sistem operasi dari versi Android teranyar ini akan menyimpan semua data yang dibutuhkan pada sebuah aplikasi, sehingga pengguna tidak perlu repot untuk selalu melakukan login pada saat aktivasi sebuah aplikasi. Tentu saja ini menjadi salah satu kepraktisan yang sangat membantu para pengguna.

Kekurangan Yang Ada Pada Android Pie

Selain fitur-fitur baru yang diberikan oleh Google pada Android P, tentu saja masih ada beberapa kekurangan pada Androi P ini sendiri. Tentu saja para pengguna merasakan ada yang tidak begitu nyaman bagi mereka. Kekeruangan yang pertama yang dirasa tidak tepat adalah pada bagian tampilan, bukan berarti desain dari versi terbaru dari android ini buruk. Pada kenyataanya Google telah memindakan tombol Pengaturan di Notification Shade. Terlebih lagi Google menempatkan tombol ini pada bagian bawah, artinya para pengguna tidak dapat hanya menurunkan Notification Shade dan menekan ikon Pengaturan untuk melompat ke bagian pengaturan. Sehingga sebagai gantinya, pengguna harus menggeser ke bawah dan membuka panel Quick Setting, lalu ketuk ikon Pengaturan. Melihat hal ini tersebut dapat dikatakan Google malah menambahkan langkah yang terkesan lebih ribet dari pada versi Android sebelumnya. Tentu saja, perubahan ini dapat membuat para pengguna merasa tidak terlalu nyaman untuk melakukan pengaturan pada ponsel mereka. Walaupun dapat dikatakan semua perubahan ini diklaim untuk membuat nyaman para pengguna ponsel Android.

Kekurangan selanjutnya adalah pada tombol gestur yang dirasa terlalu mirip dengan Iphone X. Pada kenyatannnya kontrol gesture yang mengalami perubahan ini sendiri tidak membuat ponsel mendapatkan respon cepat untuk melakukan navigasi. Bagi para pengguna, kontrol gesture pada Android P ini terkesan sangat lama dan lebih merepotkan. Terlebih lagi gesture yang digunakan oleh Google ini sama persis dengan iOS yang digunakan pada iPhone. Bagi para penggemar ponsel Android ini sendiri merasa kontrol gesture yang ada tidaklah begitu sempurna dan terkesan setengah matang. Jika Anda meman selalu menggunakan ponsel pintar dengan sistem android, tentu saja akan merasa bahwa tampilan yang ada pada Android Pie ini tidak mengalami perbedaan yang signifikan dari versi yang sebelumnya. Tentu saja hal ini sangat mengecewakan, terlebih lagi pihak Google menyatakan bahwa versi ini akan memberikan tampilan yang baru dan juga lebih menggoda. Sangat disayangkan memang, namun sekali lagi Google tetap memberikan yang terbaik pada android versi ini.

Mungkin dapat dikatakan bahwa versi Android P ini bukanlah versi yang sempurna, akan tetapi berbagai fitur yang disediakan memang lebih baik dari versi sebelumnya. Terlebih lagi jika melihat bagian navigasi berbasis gesture baru dan reposisi pengaturan jalan pintas atau shortcut yang tampaknya tidak perlu. Belum lagi tingkat versi Android Pie ini sendiri tidak dapat dilakukan dengan cepat, terbukti pada saat Android Oreo diluncurkan pada tahun 2017 di mana dalam setahun hanya ada 12% pengadopsian sistem operasi ini secara global. Dengan melihat hal itu sendiri tentu saja akan berpengaruh pada pengadopsian sistem Android Pie ini terhadap ponsel pintar yang ada di dunia. Walaupun ada beberapa kekurangan yang dapat terlihat, namun tetap kita harus mengapresiasi Google yang dengan gencar selalu melakukan pembaharuan terhadap sistem operasi Android yang memang tidak dipungkiri lebih baik.

0 Response to "Melihat Kelebihan Android P Dibanding Android Oreo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel